Android Adalah? Pengertian dan Ciri Khas HP Android

Baiklah karena ini adalah post pertama alangkah baiknya kalau kita memulai dari dasar-dasar android dulu. hehe
Sebagian dari anda pasti sudah mengenal dengan sistem operasi android, buat anda yang belum tahu tidak usah khawatir, karena saya akan mengulas apa itu android, sejarah serta kelebihan atau keunggulan dan kekurangannya.

Apa itu Android ?


Menurut Wikipedia  Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian dalam pengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia.

Ciri Khas HP Android

Kami akan mencoba memberikan informasi seputar dan tentang ciri-ciri khas dan yang umum pada ponsel-ponsel berbasis android berikut ini.

  • Layar: Pada umumnya layar ponsel android menggunakan layar sentuh dengan kontrol interface sentuh yang memiliki ukuran layar mulai dari 2,8 inchi. Jenis layar yang digunakan ada yang berjenis resistif dan kapasitif. Dengan tambahan teknologi Gorilla Glass ataupun Dragon Trail untuk mengurangi kekhawatiran pengguna akan goresan pada ponselnya.
  • Tampilan antarmuka: Dalam hal ini masing-masing produsen memberikan kemampuan terbaiknya. Sebut saja HTC yang terkenal dengan sense UI, Samsung yang memberikan TouchWiz UI, maupun Sony dengan Timescape UI. Bagian homescreen dapat dibagi lebih dari satu jendela geser. Homescreen tersebut juga bisa ditambah dengan shortcut aplikasi dan widget.
  • Fitur: Dibagian ini ponsel android diberikan kekayaan yang luar biasa, khususnya bagian konektivitas seperti Wi-Fi, 3G hingga 4G, Bluetooth dan NFC. Fasilitas GPS untuk navigasi, kamera resolusi tinggi, dukungan memori eksternal kapasitas besar menjadi kelebihan standar yang diberikan masing-masing produsen.
  • Kamera: Saat ini kamera sangatlah wajib dimiliki ponsel karena di sinilah salah satu nilai kebanggaan tersendiri. Resolusi yang ditawarkan masing-masing produsen pun berbeda tiap serinya. Hasil bidikan foto dan video pada ponsel android dapat langsung diunggah ke layanan berbasis web dan jejaring sosial.
  • Aplikasi berbasis web: Android dipenuhi dengan beragam aplikasi berbasis web yang tidak membutuhkan ruang simpan besar. Layanan-layanan berbasis internet seperti e-mail, social network maupun layanan cloud computing sangatlah mudah diakses dari ponsel android ini. Anda pun dapat menginstall jutaan aplikasi android gratis yang disediakan oleh para pengembang aplikasi Android melalui Google Play (Android Market) seperti BBM, Instagram, ataupun Twitter  yang terbaru.
Nah, itu tadi sekilas tentang Ponsel Android beserta dengan fitur yang ditawarkan. Bagaimana menurut kalian?
Untuk mengetahui perkembangan, kelebihan serta kekurangan HP Android dapat dilihat Sejarah, Perkembangan, Kelebihan dan Kekurangan Android



Related Posts:

0 Response to "Android Adalah? Pengertian dan Ciri Khas HP Android"

Post a Comment